Jumat, 25 Maret 2011

Aktualisasi dan militansi tanpa judul*


*oleh Anis Rohmatillah (Kaderisasi Komisariat Hukum-Fisip 2007)

Menjadi (kan) kader militan adalah impian departemen kaderisasi terhadap semua kadernya. Kader yang dia rekrut kemudian dia bina. Kesemuanya berakhir pada militansi kader kepada gerakannya bahkan lebih dari itu, militansinya terhadap Islam. Membaca dan memaknai kata militansi bagi kader KAMMI tentu sudah jauh berbeda dengan pandangan para orientalis yang seringkali menggunakan kata “militansi” untuk mengambarkan segudang cerita (mengarang) tentang terorisme.

Kader KAMMI mutlak dan wajib ain memiliki militansi gerakan sebagai ciri khas yang melekat erat dalam setiap nafas hidupnya, karena nafas organisasi tergantung pada nafas kader-kadernya. Maka berbicara tentang militansi juga berbicara tentang bagaimana itu mungkin terwujud. Bicara tentang militansi adalah bertanya tentang seperti apa itu wujudnya. Jika ada yang bertanya begini kepada semua kader, tentu saja akan mendapati jawaban yang berbeda-beda. Tapi sekarang mari kita bicara militansi dengan kacamata aktualisasi diri.

Mari kita maknai Militansi dan aktualisasi diri satu persatu dahulu. Dalam kamus Bahasa Inggris, Militancy memiliki arti; semangat baja atau semangat berjuang. Imam Hasan Al Banna mengatakan bahwa semangat berharokah adalah keniscayaan dalam berdakwah dan merupakan penggerak cita-cita. Semangatlah yang menggerakan jasad kita untuk tetap berharokah dan beramal.

Sedangkan Aktualisasi diri dalam wikipedia didefinisikan sebagai “kebutuhan naluriah pada manusia untuk melakukan yang terbaik dari yang dia bisa”. Jelas sudah apa yang dimaksud aktualisasi disini. Mengapa dari aktualisasi bisa menjadi militansi? Karena ketika kader mengaktualisasikan dirinya disaat itulah ia sedang memberikan yang terbaik bagi gerakan dakwahnya.

Sekali waktu ada yang bertanya, apakah militansi itu selalu PENUH dengan BEBAN dan AMANAH? Satu dua kali bisa jadi itu benar, seorang kader dakwah (baca: anak KAMMI) pantang mundur dengan amanah. Dan amanah memanglah sebuah beban yang juga merupakan sebuah keniscayaan yang akan dipanggul pundak-pundak kader dakwah. Bisa jadi juga pertanyaan itu tidak terlalu benar, karena sering terbersit dalam pikiran kader bahwa mereka yang amanahnya segudang adalah mereka yang militansinya tinggi. Mengapa ini menjadi salah? ini menjadi salah manakala beban amanah yang ditanggungnya banyak dan bejibun tetapi dia tidak memberikan kesempurnaan yang pasti dalam eksekusinya. Dia tidak beraktualisasi dengan total entah dengan banyak alasan tentunya, dari yang syar’i hingga yang “dibuat”syar’i, meminjam istilah akh Agus Supriyadi Unsoed “kader-kader zombi”, yaitu kader dakwah yang berjalan tanpa ruh dan semangat. Astaghfirullah tsumma na’udzubillahi min dzalik.

Selanjutnya, konsep aktualisasi diri yang berarti totalitas mendapat dukungan dari firman Allah ta’ala dalam surat almu’minun (23):8
     
Artinya: “Dan (sungguh beruntung) orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya”

Jika semua kader mau dan berani memberikan aktualisasi diri kepada gerakan, niscaya targetan kaderisasi untuk mempunyai kader-kader yang militan akan segera tercapai. Karena ayat tersebut bicara mengenai profesionalitas untuk itulah kader militan juga akan terwujud manakala profesionalitas senantiasa dijaga dan dilakukan.
KAMMI adalah Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia, ada nilai luhur dan sangat mendalam saat para founding fathers kita membidani kelahiran gerakan ini dan kemudian menamainya KAMMI. KAMMI seharusnya sarat dengan pemuda-pemuda yang tak bisa diam (baca: aksi) dan oleh karenanya “pihak-pihak” yang berwenang sudah seharusnya membantu kadernya untuk dapat terus beraktualisasi. Contoh konkritnya adalah KAMMI sebagai Harokatut tajnid, harokah kaderisasi, demikian disebut dalam manhaj. Tiang kaderisasi adalah perekrutan, pembinaan dan pemberdayaan, maka kaderisasi tidak selesai pada tugas perekrutan dan pembinaan saja. Mereka harus bergerak aktif memberikan ruang aktualisasi diri kader dalam rangka pemberdayaan itu.
“Kegagalan” kaderisasi (yang mungkin ada) untuk mencetak kader-kader militan bisa jadi memang salah departemen itu sendiri, tetapi bisa jadi juga tidak (apakah anda tau seberapa banyak kata bisa jadi itu bisa terjadi dalam hidup yang tidak bisa ditebak ini?). Begini maksudnya, bagaimanalah kader akan terbentuk militansinya jika dengan gerakannya sendiri ia tidak kenal. Ia tidak tahu cara gerakannya (baca: organisasinya) mengadakan rapat, kegiatan dan bersidang misalnya. Namun, sebagai kader KAMMI penulis yakin kaderisasi KAMDA Jember telah lama melakukan itu, penulis-pun dulu pernah berada di departemen “basah” itu walaupun di tingkat komisariat. Tetapi terkadang yang menjadi ganjalan dalam perjalanannya adalah kader itu sendiri. Ketika kaderisasi telah memberikan ruang sebebas-bebasnya bagi para kader untuk melakukan aktualisasi diri, para kader tidak menyambut gayung yang diayunkan departemen ini, sekali lagi tentunya dengan banyak alasan syar’i dan (dibuat) syar’i. Ibarat bertepuk sebelah tangan, pernyataan cinta ini tak dijawab dengan pasti, sayang sekali. Adalagi yang kemudian menyalah-nyalahkan proses tarbiyahnya, menyalahkan jadual liqo-nya yang tidak jalan, menyalahkan murobbinya bahkan menyalahkan teman-teman liqoatnya. Apakah salah menyalahkan mereka? Tidak juga, karena bisa jadi (lagi) itu benar adanya, untuk itulah perlu kerjasama kolektif dari semua pihak. Dari mulai kaderisasi yang punya kepentingan mencetak kader militan, murabbi sebagai perangkat tarbiyah kader, juga kader itu sendiri yang diharapkan “tahu diri” dia sedang menjadi target sasaran pencerdasan intelektual, ruhiyah dan jasadiyah (mungkin) sehingga terjadilah harmoni kaderisasi itu.

Kisah militansi sebagai kepentingan departemen kaderisasi saja (yang terdapat pada kalimat pembukaan) sebenarnya juga tidak selalu seperti itu, ada banyak calon kader yang memang dengan sengaja menceburkan dirinya dan dengan suka rela menjadi basah dalam gerakan dakwah. Suka atau tidak suka, militansi harus dimiliki atau (dipaksa) untuk dimiliki oleh setiap kader. Walaupun sebenarnya menurut penulis yang terbaik adalah ikhlas beraktualisasi dan bermilitansi, inilah yang penulis maksud dengan aktualisasi dan militansi tanpa judul. Karena dalam At- taubah (9):41 Allah Ta’ala sudah terlanjur menjanjikan yang terbaik bagi mereka yang militansinya tinggi. Sebagai muslim, kader atau bukan kader dakwah, seharusnya ngiler dalam urusan ini.
“Berangkatlah kamu, baik dalam keadaan merasa ringan ataupun merasa berat, dan berjihadlah dengan harta dan dirimu dijalan Allah. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui..” Q.S At Taubah [9] : 41.
*tulisan ini juga memenangkan lomba essai milad KAMMI ke 13, hadiahnya "quantum tarbiyah" qiqiqiqqq, alhamdulillahhh ;D

6 komentar:

  1. jika saja banyak kader militan, mungkin kammi gak akan mati suri.

    BalasHapus
  2. ya makanya, it's a hard work to make it done, butuh kerja kolektif

    BalasHapus
  3. ada yang batuk lagi. keknya pak bur neh, pake anonim-an sagala :D

    BalasHapus
  4. mantab jaya... ayo tingkatkan militansi dengan kerja cerdar ga hanya militan aja.. semangat..
    tambah siip ni blognya..

    BalasHapus
  5. insyaalah ukhti... itu tugas kita sebagai sesepuh, dan tugas adek2 untuk semangat dibina!!! Allahuakbar!

    BalasHapus