Senin, 11 April 2011

Karena doa adalah nama, dan tentu saja nama adalah doa

Karena doa adalah nama, dan tentu saja nama adalah doa
Jamak kita dengar ungkapan nama adalah doa, saya pun sebagai muslim paham betul maknanya apa. Suatu ketika saya baca bukunya pak Miftahul Jinan (yang arti namanya-pun saya sukai: kuncinya surga-surga) yang berjudul “Alhamdulillah, anakku nakal”, sebuah judul yang profokatif. Benar saja, isinya pun sangat menarik. Dalam tiap halamannya saya menemukan hal baru tentang dunia per-anak-an (ceile, kaya yang udah tau banyak) heheh.

Ada satu paragraf yang menarik perhatian saya. Disana pak kunci (eh ga enak banget dibacanya) Surga-surga (nah ini baru enak heheh) mengutip Thomas L. Madden yang menjelaskan tentang sebuah teori yang ia beri nama siklus 21 (dalam bukunya “Fire Up Your Learning”). Begini ceritanya, seseorang yang menerima suatu afirmasi atau label dari orang lain yang tidak sesuai dengan dirinya, pada awalnya ia akan menolak afirmasi dan label tersebut dengan keras. Jika afirmasi dan label tersebut terus ia dengar maka akan terjadi penurunan volume penolakan hingga sampai pada kondisi ia tidak menolak dan juga tidak menerima afirmsi dan label. Pada hari ke 21 jika afirmasi dan label terus disampaikan kepada dirinya, maka akhirnya ia menerima dan meyakini dirinya sesuai pada label dan afirmasi yang ia tolak sebelumnya.

Waw! Subhanallah, ‘ajibtu: saya takjub. Sebenarnya saya sudah lama mempunyai pengetahuan tentang ini, tapi yang berdasarkan penelitian ya baru ini. Duh, saya makin cinta dan yakin dengan kebenaran alqur’an, terutama surat alhujurat ayat 11 yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh Jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh Jadi yang direndahkan itu lebih baik. dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan Barangsiapa yang tidak bertobat, Maka mereka Itulah orang-orang yang zalim”.

Nah lo, indahnya Islam, 14 abad yang lalu mana ada program study ilmu psikologi hehehh. Kejadian ini mengingatkan saya juga pada komunitas unik bernama SALSABILA (hello gals... :D). Beberapa anggotanya mempunyai julukan masing2. Pemberian julukan ini unik2 dan bikin tambah akrab loh . Ada yang akhirnya digelarin istri sholihah justru karena hobi loundry dia (coba kamu hitung nduk udah 21 hari belom anak2 manggil anti istri sholihah? Insyaallah kesampean hihihii), ada juga yang di panggil abi, karena sifatnya yang selalu melindungi dan tegas, ada juga yang dipanggil gulah, ada juga yang dipanggil lelot (haduh yang ini ga bagus deh, panggil yayang aja yah), ada yang dipanggil cik gu, sebelumnya malah dipanggil komandan (karena dia mas’ul), ada yang dipanggil menis kadang rohmat,ada pula yang dipanggil dian osteoporosis, atau mbak cik (saking liciknya (baca: cerdik) huek males saya ngakuinnya heheh) ada yang dipanggil solmet, ada yang dipanggil bu, ada yang dipanggil ummu huroirah saking senangnya dengan kucing, kadang juga ada yang dipanggil yanto, weww hehehh. Diluar bermacam panggilan dan julukan itu, kenyataannya nama memanglah sebuah do’a. Itu seperti kita nyumpahin seseorang, Cuma nyumpahinnya baik apa buruk itu saja perbedaannya.

Maka kelak jangan namai anak kita dengan nama-nama yang sepertinya itu keren tetapi artinya kita tidak tau. misalnya hengki juande as surabaye (apa coba maksudnya??) heheh, adalagi misalnya robert jahannam (hii ngerii :D). Atau mungkin artinya bagus, tetapi panggilan kita padanya tidak tepat, misalnya ada seorang temannya teman bernama “kunti taqiyya” artinya bagus, “jadilah kamu (perempuan) bertaqwa”, tetapi dipanggilnya kunti, lama-lama di plesetin teman2nya kuntilanak, kasian kan?. Atau ada lagi, bagus2 namanya “Ahmad” tetapi napa penggilan jadi “mamad” (lah jadi inget lagu reng medureh..bla bla bla beobeh :D). Atau ada juga yang memberi gelar “hi, little monster” pada anaknya, maunya keminggris, tapi jadi ngedoain anaknya jadi monster, ato malah sengaja menjuluki anaknya yang kedua yang kebetulan “paling nakal”(memangnya definisi nakal itu apa?) dengan sebutan, “itu, si badung”. Jelas sudah kita akan lihat masa depan si anak lewat julukan kita padanya. Waspada.

Eh saya jadi ingat lagi, dulu sewaktu di ma’had tiap mengaji tafsir alqur’an bersama pak yai Ali Mansur, beliau suka mengartikan ayat-ayatnya secara kata per kata, dan kadang-kadang membuatnya menjadi rangkaian kata yang bagus dan penuh makna untuk menjadi sebuah nama. Akhirnya saya jadi punya hobi ngumpulin nama-nama dari redaksi yang (berserakan) di alqur’an, atau menggabung-gabungkan nama-nama tokoh dengan harapan itu jadi rangkaian nama yang penuh doa. Dulu saya tidak berpikir akan saya apain nama-nama itu, bisa jadi untuk anak-anak saya sendiri kelak (kalo ada umur mpe punya anak :D), atau mungkin bisa saya kasih ke teman-teman yang butuh nama buat anak-anaknya. Ehhhh ta disangka-sangka ternyata laris. Saya bikin note ini juga karena ada lagi yang nanya: “punya nama-nama bagus dan Islami tak?” Heheh.

Ehmm just wanna share, ini nama-nama yang sempat saya bikin dahulu kala, ga banyak sih tapi mungkin bisa membantu mereka yang sedang cari inspirasi nama buat anaknya yang baru lahir, atau yang mungkin pengen nyumbang nama buat ponakannya, atau mungkin juga ada yang mau ganti nama profil, atau mungkin buat yang iseng (baca: mupeng) banget pengen ganti nama ampe bener-bener berniat ngurus KK dan KTP di kelurahan hehehhh:

1. Ahmad kayyis rofiq (ahmad: Nabi Saw, kayyis: pandai, rofiq: teman seperjuangan)
2. Ahmad Rofiq Abror (ahmad: Nabi Saw, rofiq: teman seperjuangan, abror: baik)
3. Fatimah mustabshiroh (fatimah: puteri Nabi Saw, mustabshiroh:penggembira, surat Abasa 39)
4. Aisyah musfiroh (Aisyah: Istri Nabi Saw, musfiroh: bersinar, abasa 38)
5. Saaro musfiroh (saaro itu kalu ga salah perjalanan, sama dengan atas)
6. Wildanun Mukholladun (pemuda yang tetap muda (pemuda para penghuni syurga) al insan 19)
7. Khilyatul aimmah (perhiasan pemimpin, kalo ini nama guru saya, orangnya cantik dan sholihah, cerdas pula, subhanallah jadi terisnpirasi heheh)
8. Khoirus safaroh (sebaik2 utusan)
9. Nadhirotur Rusuli (pandangan para Rosul)
10. Fauzul Akbar (cowo) atau fauziah akbar (cewe, ini nama kaka kelas saya, orangnya semampai dan sangat cerdas) ada di alburuj 11
11. Abdul wadud (hamba yang tercinta)
12. Khoirul Faqih (sebaik2 orang yang paham agama)
13. Izzatur Rayyani (pintu syuraga yang tertinggi)
14. Aimmatul khanifah (pemimpin yang condong pada Allah, hanif: julukan Nabi Ibrohim: condong pada Allah)
15. Annas Sholih (manusia Sholih)
16. Khoirul Bariyyah (sebaik2 makhluk surat albayyinah) lhaa, malah saya punya temen namanya ini tapi akhwat wekekekk piss mba ilulll ;)
17. Si’rot An najm/ Sirotun najmi (bintang tertinggi, ada di alqur’an juga tapi lupa ga catet suratnya, coba yang punya mu’jam syarif sys dibantu heheh)
18. Rosa Adzkia Rohmatillah (hehehh mekso titik)artinya bunga mawar yang cerdas dan dirahmati Allah... aaminn ehm.. :D
19. Lilik muzayyanah (mutiara yang berbarokah)
20. Salsabila bilqis ar royyan (salsabila: mata air di surga (surat al insan: 18), bilqis: ratu cantik masuk Islam dalam kisah Nabi Sulaiman AS. Arrayyan: pintu surga bagi Shoimun)
21. Khairl kadhimin (sebaik2 orang yang menahan amarah, ali imron144)
22. Imaad aqil al atiq (imaad aqil: asy syahid di palestin waktu itu, al atiq: si tampan/baik rupa, salah satu julukan buat abu bakar)
23. Amir Syamil basayev (pejuang cechnya idola saya waktu SMP) hehehh habis keren sekali profilnya, googling deh kalo penasaran 
24. Umar Faruq al atiq (gabungan dari Umar bin khattab beserta julukannya (faruq) dan juga abu bakar, jadi dia harapannya jadi tegas dan cerdas macam umar, juga cakep dan lembut macam abu bakar hehehh)
25. Ali roziqin al hasan (cerdas seperti Ali ra, yang rizqinya melimpah dan menginspirasi seperti cucu Rasulullah al Hasan juga serupa syaikh Hasan Albanna)
26. Muh. Irsyad Hanif Al Umar (4 nama orang diborong hee) artinya terpuji bagai Muhammad Saw, irsyad: petunjuk, hanif : condong pada Allah, umar: tegas dan bertanggung jawab seperti Umar ra.
27. Hengky juanda as surabaye (walah! Kalu ini karangan temen ma’had saya yang usil corat coret di catatan saya hehehh)
28. Muhammad Dhorif Fathoni (Dhorif: cakep, Fathoni: cerdas)
29. Aqlan Dzakiyan (salah satu ciri pemuda muslim (dalam tarbiyah) artinya: mempunyai akal yang cerdas, sempurna)
30. Aradina Adzkia/azkia Kamil (yang ini udah dipake ponakan saya, tapi bolehlah dimodif kalu tertarik mau pakai, artinya tetep bagus ko). Aradina: aku tau agama (dari kata aroo dan diina: bikinan mas saya), azkia (urunan saya :D) artinya (lebih) suci (dari kata zakaa akar kata yang sama untuk zakat), adzkia (cerdas/cendekia, sama seperti dzakiyan diatas), Kamil (sempurna: nama mas saya heheh). Kalo diartikan, aku tahu agama dan aku memiliki kecerdasan/kesucian yang sempurna...
Insyaallah...

Semoga kelak, nama ini mengantarkan ia

menjadi perempuan sholihah, pembela agama Allah, taat pada orang tua, bermanfaat dan cinta pada negara. Dan keponakan saya alhamdulillah, seperti kebanyakan anak kecil lainnya, sungguh sempurna adanya, berumur 3 tahun, cerdas sempurna, cantik dan sangat menonjol di komunitasnya, alhamdulillah. Insyaallah semua karena do’a adalah namanya dan nama memang sebuah do’a....

maghrib yang gentar mendengar cerita mama ervin melahirkan putra ke limanya di sumur... tanpa bidan dan bayinya selamat. subhanallah, wallahuakbar!

7 komentar:

  1. i like this...malah ana juga punya beberapa nama yg kelak akan ana berikan ke anak2 ana...

    BalasHapus
  2. ohya... monggo share... btw antum namanya siapa... :)

    BalasHapus
  3. nama dunia mayanya sih dian wepe... :D

    BalasHapus
  4. mantep banget ini neez :) love it

    BalasHapus
  5. owalahhh a wepe toh... share wae nama2nya, tar digabungin sm yang disini, ben tmbh beragam pilihannya (nantang apik endi karangnku sama karangan dia) wkwkwkwk

    neng geulis... seeeppp,thkyu... n silahkan dimanfaatken atuh,,,, :D

    BalasHapus
  6. Namaku kug gak masuk nominasi?? hehehe

    BalasHapus
  7. wa.. bung mufti nongkrong disini juga toh, heheh sowri :D
    nama mufti mengingatkanku pada syaikh2 berjenggot tebal yang suka ngasih fatwa heheheh

    BalasHapus